Entri Populer

Senin, 03 Januari 2011

sitem operasi dan macam-macamnya dalam bidang bisnis

      Sisten operasi adalah suatu program software yang mengenal atur cara hardware dalam komputer dan menentukan progran yang di jalankan yang mereka gunakan,contohnya memori.

      Macam-macam sistem operasi dalam bidang bisnis
1.  Materi
     Klasifikasi sistem informasi.
     Sistem informasi menurut level organisasi.
     Sistem informasi fungsional.
     Sistem informasi berdasarkan dukungan yang tersedia.
     Klasifikasi menurut aktifitas manajemen.
     Klasifikasi menurut arsitektur sistem.
     Sistem informasi geografis.
     Sistem informasi perusahaan (EntIS).

2.  Sistem informasi akuntansi SIM SI Pemasaran / Penjualan SI Keuangan SI Akuntansi SI Produksi SI SDM

3.  Pemrosesan pesanan penjualan : subsistem yang menangani order dari pelanggan.
     Pemrosesan sediaan : subsistem yang menangani perubahan dalam sediaan dan memberikan informasi              pengiriman dan pemesanan kembali.
     Buku besar : subsistem yang mengkonsolidasikan data dari sistem akuntansi yang lain dan menghasilkan            pernyataan-pernyataan dan laporan bisnis yang bersifat periodik.

4.  Piutang dagang : subsistem yang mencatat piutang pelanggan dan menghasilkan faktur, pernyataan                    pelanggan bulanan, serta laporan manajemen kredit.
     Utang dagang : subsistem yang mencatat pembelian dan pembayaran utang kepada pemasok, dan                    menghasilkan laporan manajemen kas.
     Pembayaran gaji : subsistem yang menangani penggajian, termasuk jam kerja dan bukti pembayaran, serta        menghasilkan laporan yang terkait dengan penggajian.
5.  Sistem informasi keuangan
     Sistem informasi keuangan digunakan untuk mendukung manajer keuangan dalam mengambil keputusan            yang menyangkut persoalan keuangan perusahaan dan pengalokasian serta pengendalian sumber daya              keuangan dalam perusahaan.

6.  Subsistem peramalan dan perencanaan keuangan berfungsi melakukan evaluasi terhadap kinerja keuangan        saat ini dan terproyeksi dalam bisnis, membantu menentukan kebutuhan pendanaan dalam bisnis dan analisa      metode-metode alternatif pendanaan.
     Subsistem manajemen dana berguna untuk membantu pengelolaan aset.
     Subsistem pengendalian keuangan berfungsi untuk melakukan evaluasi keuangan dan dampak keuangan            terhadap pengeluaran modal yang diajukan.

7.  Sistem informasi manufaktur
     Sistem ini digunakan untuk mendukung fungsi produksi yang meliputi seluruh kegiatan yang terkait dengan        perencanaan dan pengendalian proses untuk memproduksi barang atau jasa.
     Lingkup sistem informasi manufaktur
     Sistem Perencanaan Manufaktur
     Rencana produksi
     Rencana tenaga kerja
     Rencana kebutuhan bahan baku
     Sistem pengendalian manufaktur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar