Entri Populer

Sabtu, 17 Maret 2012

Kecanduan Terhadap Alkohol dapat Merusak Kesehatan Mental

Kebiasaan minum alkohol cukup meluas di negri kita ini, seperti akhir-akhir ini banyak kejadian yang terjadi akibat penggunaan alkohol. Kebiasaan ini banyak terjadi di kota besar, tetapi di pedesaan juga sudah banyak yang menggunakan alkohol.
Alkohol adalah  zat penekan susunana syaraf pusat meskipun dalam jumlah kecil mungkin  mempunyai efek stimulasi ringan. Alkohol dapat merusak  kesehatan apabila jika dikonsumsi secara berlebihan dan secara terus-menerus. Alkohol sangat berpengaruh pada aspek psikis.Konsentrasi bekerja menurun dan pola hubungan sosial juga akan terganggu. Peminum alkohol juga akan cenderung berkumpul dengan sesama peminum dan juga mudah untuk menggunakan narkotik. Jangan dilupakan, seperti yang terlihat dalam fenomena saat ini sebagian kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh alkohol pengemudi. Karena pengaruh alkohol terhadap pengambilan keputusan, konsentrasi,penglihatan dan koordinasi, maka tak heran jika mabuk menjadi penyebab umum terjadinya kecelakaan mobil. Orang-orang yang telah mengkonsumsi alkohol walupun hanya sedikit, tidak seharusnya diperkenankan mengemudi, mengoperasikan mesin atau berpartisipasi dalam kegiatan yang secara potensial berbahaya.
Beberapa waktu lalu,  publik dikejutkan dengan sebuah kecelakaan maut yang menyebabkan sembilan nyawa melayang akibat pengemudi mobil yang diduga teller atau mabuk  karena pengaruh obat dan minuman keras. Peristiwa itu telah menghentak hati nurani banyak orang dan seharusnya menyadarkan kepada kita, sebuah bahaya dari minuman keras danlbagaimana bangsa kita harus menyikapinya.
Nyawa melayang akibat alkohol sudah sering kita dengar. Bahkan rata-rata korban melayang akibat menenggak minuman beralkohol adalah mereka dari kalangan usia muda.
Masyarakat kita sudah banyak yang tahu tentang bahaya dari akibat minuman beralkohol.Salah satunya adalah menimbulkan kecanduan yang luar biasa, karena minuman beralkohol ini mengandung zat aditif, yaitu zat zat yang jika masuk kedalam tubuh manusia walaupun dengan jumlah sedikit akan menimbulkan efek kecanduan yang luar biasa.
Dari sisi kesehatan, bahaya minuman keras sungguh sangat merisaukan, namun anehnya banyak yang tidak memperdulikannya. Diantaranya bahaya minuman beralkohol bagi kesehatan mental atau kejiwaan manusia, diantarnya adalah dapat merusak syaraf.  Minuman keras atau minuman beralkohol mengandung zat aditif  yang jika dikonsumsi secara terus menerus akan menimbulkan syaraf otak yang menyebabkan manusia yang mengkonsumsinya mudah hilang aklnya,keseimbangan dan indra perabanya akan semakin berkurang akan semakin berkurang kepekaannya. Bagi si pengguna alkohol dapat merusak kejiwaannya. Orang yang mengkonsumsi minuman beralkohol tingkat sosialnya berkurang, emosinya meningkat dan menyebabkan mudah tersinggung dan juga tingkat konsentrasinya menurun.
Alkohol mempunyai sifat menimbulkan gangguan pada susunan syaraf. Alkohol pada minuman keras contohnya Jen ever dan Brandy. Apabila diminum mula-mula menjadi riang gembira dan banyak bicara ( euforia) , tetapi lama kelamaan kesadarannya merendah, keseimbangan badan terganggu dan mabuk. Akibat pemakaian alkohol yang berlebihan dapat terjadi kelumpuhan karena radang syaraf.
Selain berdampak buruk terhadap masalah kesehatan mental, alkohol juga menimbulkan dampak buruk bagi kemasayarakatan. Diantaranya menimbulkan efek buruk dalam hubungan sosial dengan keluarga dan masyarakat.
Minuman keras juga memberikan konstribusi terhadap perkembangan depresi. Semakin sesring seseorang minum alkohol, maka semakin berkurang pemikirannya tentang tanggung jawab termasuk pekerjaan. Hal ini akan menurunkan produktivitas bekerja dan nantinya berujung pada pengangguran.Mengonsumsi alkohol juga juga bisa memicu terjadinya masalah hukum, seperti ditangkap akibat perilaku tidak tertib atau mengemudi dibawah pengaruh alkohol.
Dari sudut pandang apapun, alkohol memiliki lebih banyak mudharat daripada manfaat. Kita tidak ingin membiarkan pecandu mengonsumsi alkohol semakin meningkat karena pada akhirnya akan memakan korban jiwa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar