Entri Populer

Sabtu, 08 Oktober 2011

ETIKA BERINTERNET

Hadirnya berbagai fasilitas di internet semakin memudahkan interaksi antara masing-masing memungkinkan terjalinnya komunikasi antaradua pihak dengan cepat dan biaya yang lebih anggota masyarakat. Fasilitas One-to-One Communication (electronic mail, chat), murah jika dibandingkan dengan sarana komunikasi lainnya. Dan juga fasilitas komunikasi One-to-Many Communication (Mailing Lists/milis, NetNews) memungkinkan sekelompok anggota masyarakat Internet untuk berdiskusi dan saling tukar pendapat diantara mereka dengan sangat mudah.
Dengan banyaknya pengguna Internet yang berasal dari berbagai negara, budaya, bahasa yang berbeda-beda tentunya masing-masing pribadi anggotanya punya sifat, cara bicara, cara menulis, dan rasa humor yang berbeda. Karena sebagaimana layaknya hubungan antar manusia konvensional yang mengenal norma-norma tidak tertulis yang harus dipatuhi, dalam dunia maya inipun norma-norma semacam itu dirasakan kebutuhannya. Ini semua tidak lain guna menjamin kenyamanan para pemakai dalam melakukan interaksi. Terlebih di dunia internet ini tidak terjadi tatap muka, namun terjadi interaksi yang ada kalanya sangat aktif melebihiinteraksi langsung. Untuk itulah kebutuhan akan etiket 'pergaulan' sangat relevan.
Etika dalam menuliskan surat elektronik dikenal dengan nama netetiquette atau internetetiquette. Beberapa aturan yang perlu diketahui :
1. Ingatlah bahwa kita berinteraksi dengan manusia.
Jangan lupa bahwa orang yang membaca email atau postingan kita benar-benar
manusia yang memiliki perasaan.
2. Hindari penggunaan huruf capital terhadap seluruh pesan. Pesan seperti itu dapat diartikan sebagai teriakan. Jadi, tidak sopan. Namun kata-kata tertentu yang ditulis dengan huruf capital masih diperkenankan.
3. Jangan mengirimkan penyertaan berkas (attachment) yang sangat besar, kecuali memang diminta. Alasan ini mudah dipahami mengingat banyak pemakai yang masih menggunakan system dial-up sehingga ukuran berkas yang besar akan memperlambat proses pengambilannya.
4. Gunakan email japri (jalur pribadi) untuk hal yang bersifat personal daripada
mengirimkannya kepada grup.
5. Jika akan menjawab e-mail, kutipan yang dikembalikan ke pengirim semula hanya yang . relevan saja (jangan semuanya). Umumnya jika pemakai me,balas surat elektolis yang diterimanya (via Replay), seluruh isi surat akan dijadikan sebagai kutipan. Hal seperti ini dapat me,buat ukuran e-mail menjadi sangat besar. Efeknya yakni terhadap waktu pengiriman atau pengambilan yang cukup lama. Selain itu, e-mail menjadi tampak ruwet. Oleh karena itu, buanglah kutipan yang tidak perlu dan cantumkan yang benar-benar diperlukan.
6. Hindari penggunaan kata-kata pedas. Kata-kata pedas akan membuat orang tak merasa enak hati.
7. Forward', yang mengizinkan si penerima akan meneruskannya (forward) ke
'orang lain.
8. Jangan gunakan CC. Jika anda ingin mengirim mail ke sejumlah orang (misalnya
di mailing-list), jangan cantumkan nama-nama pada kolom CC.Hindari kesalahan ejaan ataupun tatabahasa, tetapi tidak perlu mengkritik sekiranya terdapat kesalahan pada pesan yang Anda terima.
9. Bacalah FAQ (Frequently Asked Question) Jika Anda baru saja bergabung dalam sebuah group diskusi. FAQ atau pertanyaan-pertanyaan yang sering dilontarkan oleh orang biasanya mencantumkan aturan-aturan yang harus dipenuhi aoleh anggota group diskusi yang ingin berkomunikasi.
10. Jangan membuang waktu pembaca yang sudah mahir, dengan mengirimkan
informasi yang mendasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar